27 Maret 2020

Tahap pertumbuhan dan perkembangan masa kanak kanak

    3/27/2020 09:24:00 PM   1 comment


1.      Tahap pertumbuhan dan perkembangan gerak
Pertumbuhan dan perkembangan anak akan berkembang dengan wajar dan normal jika di dukung oleh alam sekelilingnya, lingkungan yang cukup sehat dan baik. Pertumbuhan dan perkembangan anak-anak akan terlihat dari perubahan perubahan pada ukuran tinggi badan,berat badan dan ukuran ukuran tubuh lainnya. Perubahan tersebut juga di ikuti oleh aspek Rohani, seperti meningkatnya kemampuan anak dalam mengamati, mengingat, berfikir dan berkehendak akan sesuatu, perkembangan dan pertumbuhan tersebut sejajar dengan pertumbuhan dan perkembangan jasmaninya. Guru guru PAUD/TK perlu memahami berbagai sifat sifat jasmani dan rohani tersebut, dengan memahami kebutuhan jasmani anak-anak, guru dapat memenuhi kebutuhan mereka sesuai dengan kemempuan perkembangan otot, rangka dan ketrampilan gerak yang di sesuaikan dengan otot otot kecil atau otot yang lebih besar, sedangkan sifat sifat rohani, guru juga harus memahami minat, bakat dan kemampuan bekerja sama anak usia dini. Hal tersebut di perlukan bagi upaya mendorong tingkat pertumbuhan dan perkembangan anak PAUD/TK secara lebih optimal.

2.      2. Karakteristik dan program kegiatan pengembangan motorik anak
Setiap orang memiliki pertumbuhan fisik yang berbeda-beda, ada yang cepat ada yang lambat. Demikian juga halnya dengan anak-anak. ada yang normal dan ada yang tidak normal. Ada banyak faktor yang mempengaruhi pertumbuhan fisik seorang anak, misalnya keturunan dan orang tua, asupan gizi yang kurang ketika berada di dalarn kandungan, Iingkiingan yang tidak mendukung atau bahkan pemberian stimulasi yang salah. Untuk hal inilah maka seorang guru, dalam hal ini adalah guru TK harus memiliki pengetahuan yang cukup agar anak-anak TK
Berikut akan disimpulkan hal-hal penting yang berhubungan dengan Modul 3 ini, sebagai berikut.
 1        Pada anak usia prasekolah, perkembangan gerak nierupakan perubahan kemampuan yang melibatkan berbagai aspek perilaku dan kemampuan geraknya. Aspek perilaku dan perkembangan motorik saling menipengaruhi satu sarana lain.
2        Prinsip program pengembangan gerak anak usia prasekolah adalah terjadinya suatu perubahan baik fisik maupun psikis sesuai dengan masa pertumbuhan dan perkembangannya.
3        Kemampuan gerak pada anak dapat dipengaruhi oleh 2 faktor, yaitu pertarna karena faktor pertumbuhan dan kematangan dan kedua karena faktor latihan atau belajar. Pada fiktor pertama, perubahan kemampuan yang terjadi hanya meningkatkan keterampilan sampai batas minimal, sedangkan pada faktor kedua perubahan kemampuan yang terjadi bcrsifat melekat, artinya proses belajar dan latihan akan mengubah anak menjadi anak dengan kemampuan baru.
4        Agar pertumbuhan dan perkembangari dapat terjadi secara optimal maka setiap pendidik anak usia dini perlu mernahami karakteristik perkembangan gerak anak di setiap rentang usia serta program kegiatan pengembangan gerak secara tepat, aman, nyaman, dan menyenangkan dapat berkembang dengan baik, tanpa adanya risiko untuk mengalami suatu kesalahan.

editor : Wahyu Dian Susanto
sumber : metode pengembangan fisik, Bambang Sujiono

nberita.com

About nberita.com

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Latest
Previous
Next Post
1 komentar:
Write komentar

Get updates in your email box

Complete the form below, and we'll send you our recent update.

Deliver via FeedBurner
© 2014 NBerita.com. WP Theme-junkie. Designed by Bloggertheme9
Proudly Powered by Blogger.