19 Maret 2020

Peranan Guru dalam Mengembangkan Fisik Motorik

    3/19/2020 12:00:00 PM   3 comments

Guru mempunyai peran yang penting dalam pengembangan fisik/motorik anak yang dapat dilakukan melalui bermain. Melalui bermain pengembangan fisik/motorik dan sensitivitas anak dapat dikembangkan. Kegiatan bermain yang dilakukan anak disesuaikan dengan pertumbuhan dan perkembangannya. Guru juga berperan dalam menumbuhkan minat anak terhadap berbagai kegiatan motorik anak seperti berbagai jenis olahraga, menggambar, melipat kertas atau membuat kalung dari berbagai bahan. Tentunya minat anak terhadap suatu jenis kegiatan motoric kasar atau keterampilan motorik halus sangat beragam. 

Untuk membantu meningkatkan gerakan motorik anak maka yang dapat dilakukan guru adalah sebagai berikut:
a. Menyediakan peralatan atau lingkungan yang memungkinkan anak melatih keterampilan motoriknya.
b. Memperlakukan anak dengan sama. Jangan membandingkan kemampuan satu anak di depan anak lain karena setiap anak adalah unik.
c. Memperkenalkan berbagai jenis keterampilan motorik, semakin banyak anak berlatih berbagai
jenis keterampilan maka keterampilan motoriknya semakin baik pula.
d. Meningkatkan kesabaran guru karena setiap anak memiliki jangka waktu sendiri dalam menguasai
suatu keterampilan.
e. Aktivitas fisik yang diberikan ke anak harus bervariasi, yaitu aktivitas fisik untuk bermain dan bergembira sambil menggerakkan badan.
f. Berilah anak-anak aktivitas fisik yang memungkinkan anak menikmati dan dapat mencapai kemampuan yang diharapkan sesuai perkembangannya. Keberhasilan anak dalam melakukan sesuatu kegiatan akan menjadikannya lebih percaya akan kemampuan dirinya.
g. Saat melakukan aktivitas fisik yang menempatkan anak bersama beberapa anak lain, maka anak sebaiknya diberi arahan untuk dapat menerima kehadiran dan bekerja sama dengan anak lain.

Termasuk peran penting guru dalam membantu perkembangan fisik motorik anak adalah membiasakan anak memakan makanan yang bergizi agar pertumbuhan fisik anak dapat berkembang dengan baik. Guru bekerja sama dengan orang tua perlu membantu anak memperhatikan, membiasakan, dan memakan makanan yang baik dengan cara menyediakan makanan/snack yang bergizi, atau dengan cara memotivasi dan mempengaruhi anak untuk memakan makanan yang bergizi.


Sumber : Siti Aisyah, Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini (Jakarta: Universitas Terbuka, 2008), 

editor : Wahyu Dian Susanto

nberita.com

About nberita.com

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Previous
Next Post
3 komentar:
Write komentar
  1. Alhamdulillah kita sebagai guru harus selalu siap dalam membantu perkembangan fisik motorik anak..
    Walaupun anak itu mempunyai kemampuam yg berbeda beda.tetapi anak itu pasti mempunyai kelebihan atau bakat tersendiri dalam hal apapun.. karena anak itu unik.. dan untuk membantu perkembangan fisik motorik anak jga perlu diperhatikan dalam hal makanan yg bergizi untuk membantu perkembangan nya.
    Jadi guru itu sangat penting peranannya dalam membantu mengembangkan fisik motorik anak..

    BalasHapus
  2. Bagaimana mengatasi anak yg sulit makan dn kita juga SDH konsultasi ke ortu juga
    Seperti contoh suwaktu ada acara makan bersama anak tdk mau makan pdhl menu makan bersama itu jg selalu berbeda2 ,to anak ttp TDK mau makan hanya mungkin minumnya sj yg dia mau
    Trm kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya anak tersebut tidak usah di paksa untuk makan bersama,mungkin anak tersebut tidak suka makan nasi

      Hapus

Get updates in your email box

Complete the form below, and we'll send you our recent update.

Deliver via FeedBurner
© 2014 NBerita.com. WP Theme-junkie. Designed by Bloggertheme9
Proudly Powered by Blogger.