10 April 2018

SMK Pencetak Wirausaha

    4/10/2018 03:17:00 PM   No comments



SMK Bina Utama Pada saat meraih penghargaan oleh Bupati
Dewasa ini banyak masyrakat yang hanya menggantungkan nasib pada perusahaan-perusahaan besar yang bonafide. Tidak hanya masyarakat menengah ke bawah, masyarakat yang berpendidikan tinggipun juga demikian. Jika tidak mengharapkan diterima sebagai pegawai negeri sipil (PNS) atau pegawai pemerintahan, masyarakat larinya ke perusahaan. Padahal jumlah perusahaan yang terdapat di Indonesia tak sebanding dengan jumlah penduduk. Tak hayal fenomena ini menjadikan menjamurnya pengangguran.
Keadaan yang seperti ini bisa disiasati dengan adanya pendidikan kewirausahaan atau pendidikan berwirausaha. Pendidikan berwirausaha dapat didapat di sekolah. Berdasarkan data pada tahun 2013 jumlah yang berwirausaha sebesar 1,67% angka ini naik ditahun 2017 menjadi 3,1%. Dari data itulah sekolah terutama sekolah kejuruan harus pandai-pandai memberikan keterampilan kepada peserta didiknya
Sekolah menengah kejuruan dapat dikatakan bagus jika daya serap lulusan bisa langsung kerja atau membuka lapangan pekerjaan sendiri dengan kata lain berwirausaha. Untuk itu kita sebagai pendidik harus mengajarkan hidup mandiri kepada peserta didik. Salah satunya mandiri dalam berpenghasilan. Jadi peserta didik diajarkan tidak hanya digaji tetapi juga menggaji.
Salah satu melatih siswa berwirausaha yaitu dengan memberikan pelatihan selama di sekolah. Skill yang didapat peserta didik harus dapat menghadapi tantangan zaman.  Seperti yang sudah dilakukan disalah satu SMK swasta di Kendal yaitu SMK Bina Utama Kendal. Sekolah ini banyak memberikan pelatihan berwirausaha kepada peserta didiknya baik secara onlain maupun offlain.
Usaha-usaha yang sudah dikembangkan antara lain aplikasi reresik, olshop, pembuatan Pomade Bukend, Demprok (Dendeng dari tumbuhan semprok), Bukend Craft (pernak-pernik, souvenir, hanging door), jasa servis sepeda motor dan mobil, body repair, dll. Dengan banyaknya keahlian yang diberikan kepada peserta didik, sekolah berharap lulusan dapat menjadi pengusaha yang sukses sehingga dapat meningkatkan taraf hidup.


Penulis : Wahyu Retnoningsih

nberita.com

About nberita.com

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Previous
Next Post
Tidak ada komentar:
Write komentar

Get updates in your email box

Complete the form below, and we'll send you our recent update.

Deliver via FeedBurner
© 2014 NBerita.com. WP Theme-junkie. Designed by Bloggertheme9
Proudly Powered by Blogger.