03 April 2018

MENINGKATKAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHA BERBASIS TEKNOLOGI MOBILITY

    4/03/2018 11:20:00 AM   1 comment

Proses pembuatan produk kewirausahaan

Pada tahun 2045,Indonesia diproyeksikan akan menjadi negara terbesar ketujuh dunia dengan prediksi pendapat perkapita
US$ 46.900.Dan kunci untuk mencapai target itu terletak pada penyiapan generasi muda.Adapun visi Indonesia adalah Indonesia mandiri, maju,adil dan makmur.Visi Indonesia tersebut sejalan denganTujuan Pendidikan Nasioanl dalam Undang Undang Nomer 20 tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional adalah untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yangberiaman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, Berahlak mulia , sehat, berilmu, cakap, kreatif,mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.Dari tujuan Pendidikan Nasional tersebut, mengharapkan penyelenggaraan pendidikan dapat mewujudkan proses berkembangnya kualitas pribadi peserta didik sebagai generasi penerus bangsa di masa depan, yang diyakini akan menjadi faktor determinan bagi tumbuh kembangnya bangsa dan negara Indonesia sepanjang jaman, dan kesiapan menghadapi era globalisasi, AFTA, AFLA dan APEC.
 Dari 230 juta penduduk Indonesia, hanya 400.000 orang yang jadi pengusaha. Berarti hanya 0,2 persen dari jumlah penduduk di Indonesia. Mestinya Indonesia memiliki lebih dari 9 juta pengusaha, sangat berbeda dengan singapura yang hampir 4 persen dari jumlah penduduknya yang jadi pengusaha. Amerika 6 persen penduduknya menjadi pengusaha. Sehingga sangat wajar bagi Negara kita banyak tertinggal di Negara Negara lain. Sebab idelana dari jumlah penduduk suatu Negara, para pengusahanya berkisar antara 4 sampai 7 persen13)
Untuk mencapai target tersebut harus ada perubahan yang dimulai dari dunia pendidikan.Pendidikan harus menciptakan mental pengusaha bukan pegawai,SMK sudah  menciptakan mental tersebut.
Merealisasikan potensi anak negeri bisa diibaratkan seperti menampilkan sebuah orkestra. Orkestra yang merupakan harmonisasi dari beragam warna dan keindahan nada serta suara. Keindahan dan kesempurnaan dalam suatu kolaborasi musik. Setiap musisi menampilkan talenta musik dan memfokuskan diri pada performa terbaik yang dimilikinya. Bayangkan jika energi dari alunan musik dan performa para pemain mampu menggetarkan indera dan jiwa manusia yang mendengarnya. Keselarasan dalam balutan kreativitas. Sungguh menakjubkan! Dunia pendidikan pun layaknya panggung orkestra tersebut. Sebuah tempat di mana sang pembelajar mampu mengembangkan talenta dan semua potensi diri. Sebuah wadah intelektualitas yang menjembatani cipta, rasa, dan karsa dalam keberagaman yang indah. 
            Pada  mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan peserta didik belajar cara menghasilkan barang/jasa yang bernilai ekonomis sehingga laku dijual di pasaran, pengalaman ini memberikan rasa percaya diri bagi peserta didik untuk berwirausaha kelak di samping siswa dan sekolah mendapatkan keuntungan finansial .
Dunia telah berubah,Peserta didik harus mencari cara agar produk yang dihasilkan laku dipasaran dengan bantuan teknologi  mobile yaitu mempromosikan produk lewat FB,IG. Untuk mengikuti teknologi mobile pembelajaran di SMK dengan memberikan pelayanan pembayaran berbasis mobile.Salah satu pelayanan adalah Aplikasi pembayaran digital, dimana seluruh hasil kegiatan kewirausahaa baik produk ataupun jasa akan dipasarkan secara online dan diintegrasikan kedalam sebuah aplikasi digital,dalam aplikasi ini akan ada beberapa menu produk dan jasa yang dapat dibeli secara online. Pembayaran dilakukan via transfer bank atau dengan menggunakan pemindaian kode QR pada smartphone di masing-masing outlet. Pengembangan aplikasi ini mendapatkan pendampingan dari PT INDO KARYA MANDIRI (IKM) dan BNI 46.Denga adanya inovasi yang mengikuti perkembangan jaman akan  mempermudah para wirausahaan  untuk melebarkan sayapnya.Mari Bersama kita bangun negeri. Ciptakan harmoni. Tampilkan orkestra sesungguhnya. Mari merealisasikan potensi. Melangitkan mimpi. Membumikan kreativitas. Hebatkan SMK lewat wirausaha. SMK  bisa!                                                                                                                                           Penulis Vera All Hasanah, S.E,M.Si



nberita.com

About nberita.com

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Previous
Next Post
1 komentar:
Write komentar

Get updates in your email box

Complete the form below, and we'll send you our recent update.

Deliver via FeedBurner
© 2014 NBerita.com. WP Theme-junkie. Designed by Bloggertheme9
Proudly Powered by Blogger.