25 April 2018

HARGAI MARTABAT MANUSIA

    4/25/2018 03:27:00 PM   No comments

HARGAI MARTABAT MANUSIA
Oleh:
Vera All Hasanah
Martabat manusia artinya harga diri manusia. Martabat manusia adalah kedudukan manusia yang terhormat sebagai mahluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa yang berakal budi, ssehingga manusia mendapat  tempat yang tinggi dibanding dengan mahluk lainnya.
Manusia  adalah mahluk bermasyarakat yang diberikan akal pikiran yang berkembang serta dapat dikembangkan, tetapi apa yang terjadi jika martabat manusia direndahkan baik dengan senagaja ataupun tidak. Terkadang dengan alih-alih bercanda  mengejek bentuk badan, hitam, keriting, gendut, kerempeng, cebol, dan ejekan lainnya  menyebutkan nama orang tua atau nama seseorang yang dianggap tidak kekinian. Pelaku bulLying seringkali tidak memikirkan perasaan orang yang diejeknya. Jika orang yang di bully marah maka akan ada embel-embel BAPER dan semakin semangat pelaku bullying untuk menekannya. Bercanda memang selalu dianggap remeh,  predikat BAPER dan tidak asik melekat jika kita marah saat di-bully.
Ada 3 bentuk bullying yaitu secara fisik, verbal, dan psikologis. Bentuk fisik seperti memukul dan mendorong. Bentuk verbal seperti mengejek nama orang tua serta mencemoh. Sementara dalam  bentuk psikologis antara lain menyebarkan fitnah, mempermalukan dan lainnya.
Bullying istilah kekiniaannya dapat berakibat fatal bagi pelaku dan juga korban bullying biasanya terjadi tidak hanya di kalangan pelajar, mahasiswa bahkan tempat kerja. Tawuran dan bunuh diri merupakan beberapa dampak dari bullying. Apa yang harus dilakukan bila menjadi salah satu korban bullying? Apakah menagis atau marah pada diri sendiri dan kepada orang lain? Katakan Tidak!
Sudah bukan zamannya korban bullying meratapi nasib. Tentukan langkah ke depan , berpikir besar dan ubah cara pandang, patahkan anggapan pelaku bullying dengan prestasi yang gemilang. Keluarkan dan tebarkan aura positif dan aura kebahagian.Tunjukkan pada mereka betapa kuat mental kita dan bersyukurlah atas apa yang kita punya, baik bentuk badan ataupun yang lainnya. Ingat cantik atau tampan berasal dari hati. Ingat kebahagian berada di tangan kita, bukan orang lain. Jadi, berbahagialah dengan kehidupan yang kita miliki, tersenyumlah dan terus berkarya, buktikan pada dunia bahwa kita bisa!

nberita.com

About nberita.com

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Previous
Next Post
Tidak ada komentar:
Write komentar

Get updates in your email box

Complete the form below, and we'll send you our recent update.

Deliver via FeedBurner
© 2014 NBerita.com. WP Theme-junkie. Designed by Bloggertheme9
Proudly Powered by Blogger.