27 Juni 2016

SMK BINA UTAMA KENDAL MEMBUKA PROGRAM KELAS KHUSUS INDUSTRI JEPANG MULAI TAHUN 2016/2017

    6/27/2016 11:10:00 AM   No comments


Program Unggulan SMK Bina Utama

            Kendal. SMK Bina Utama Kendal pada tahun ajaran 2016/2017 mencanangkan Kelas Khusus Industri Jepang. Secara sederhana siswa dari SMK Bina Utama lulus langsung bisa Kerja di Industri Jepang baik di Jepang maupun pabrik-pabrik Jepang yang ada di Indonesia setelah mengikuti kelas khusus Program Industri Jepang di SMK Bina Utama Kendal, Yang lebih menarik dari program Kelas Khusus Industri Jepang SMK Bina Utama Kendal ini tidak ditarik biaya lebih. Artinya, beban biaya yang harus dibayarkan sama besarnya dengan kelas reguler biasa.
Mengapa SMK Bina Utama Kendal memilih Kelas Industri Jepang sebagai unggulan? Jepang masih mendominasi segala industri dunia, termasuk elektronik dan otomotif, di Indonesia seperti Toyota, Honda, Suzuki, Mitsubishi, dan Honda dengan kesejahteraan pekerja yang tinggi contoh untuk UMR kurang lebih Rp 13 juta disana. Kondisi ini juga membuat Jepang masuk ke dalam 3 besar negara dengan perekonomian terbesar setelah Amerika dan China. Diharapkan, para siswa dapat dipersiapkan untuk menghadapi tantangan industri tersebut dalam hal persaingan dunia kerja. Selain itu, Jepang merupakan negara kepulauan Asia Timur yang terkenal kedisiplinannya. Dengan adanya Kelas Khusus Industri Jepang, secara otomatis budaya Jepang pun menjadi sasaran dalam proses pembelajaran.
Adapun Kelas Khusus Industri ini diselenggarakan atas terjalinnya kemitraan antara SMK Bina Utama Kendal dengan PT. Titian Sakti Rizky. Tenaga pengajar yang profesional telah dipersiapkan oleh kedua pihak ini dalam mempersiapkan lulusan yang siap kerja dan berdaya saing tinggi. Output siswa lulusan pada Kelas Khusus Industri Jepang ini nantinya akan ditempatkan sebagai tenaga kerja pada perusahaan-perusahaan Jepang baik yang berada di Jepang maupun Indonesia, pemagangan siswa ke Jepang, interpreter, translator, dan kuliah beasiswa dan swadaya S1, S2, dan S3 di Jepang. untuk lulusan tahun kemarin beberapa anak SMK Bina Utama sudah masuk dalam daftar siswa yang akan diberangkatkan ke Jepang beberapa bulan kedepan.
Program ini berawal dari pemikiran tentang fenomena dan realita yang terjadi di kabupaten Kendal. Data menunjukkan bahwa rata-rata kelulusan di Kabupaten Kendal per tahun±12.000 siswa dari seluruh SMA/SMK/MA. Ditambah lagi tingkat pengangguran tahun 2015 yang tercatat di BPS Kabupaten Kendal cukup tinggi dengan jumlah 30.819 yang terbagi 16.192 penduduk laki-laki dan 14.627 penduduk perempuan di Kabupaten Kendal perlu diatasi dengan berbagai upaya. Sementara jumlah Total Penduduk Kabupaten Kendal adalah 1,3juta.
Sementara itu, jumlah sekolah SMK/SMA se-Kabupaten Kendal sudah banyak. Jumlah ini meliputi 32 SMA dan 47 SMK. Di sisi lain persaingan antar sekolah sudah pasti akan menjadi sangat ketat, baik dari sisi menjaring siswa dengan skala jumlah tertentu dan di sisi lain persaingan mutu. Kenyataan ini merupakan akibat dari masih rendahnya kualitas pendidikan khususnya kualitas Sekolah Menengah Kejuruan. Hal ini menjadi tantangan besar yang dihadadi oleh SMK saat ini. Oleh karena itu, SMK harus mampu mengelola mutu sekolah dalam upaya peningkatan dan penjaminan mutu. Berangkat dari pemikiran itu, SMK Bina Utama Kendal mengaplikasikan Kelas Khusus Industri Jepang mulai tahun ajaran 2016/2017. Program ini diselenggarakan dengan harapan untuk mempersiapkan siswa lulusan siap dengan dunia kerja.




nberita.com

About nberita.com

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Previous
Next Post
Tidak ada komentar:
Write komentar

Get updates in your email box

Complete the form below, and we'll send you our recent update.

Deliver via FeedBurner
© 2014 NBerita.com. WP Theme-junkie. Designed by Bloggertheme9
Proudly Powered by Blogger.