11 Januari 2016

lowongan Kerja BPS Kendal hari ini mulai rekrut 983 Petugas Tambahan Sensus Ekonomi 2016

    1/11/2016 12:30:00 PM   No comments

KENDAL – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kendal akan merekrut petugas tambahan yang bertugas melakukan pendataan seluruh tempat usaha non pertanian di wilayah Kendal sebanyak 983 orang dalam sensus ekonomi 2016.
“Secara nasional ada 400 ribu petugas tambahan yang direkrut BPS. Sedang petugas tambahan itu ada dua, yakni, pentugas pencaah (PCL) dan petugas pengawas/pemeriksa (PML). Kalau di Kendal, dari 983 itu, perekrutannya disesuaikan dengan kebutuhan PCL dan PML di setiap kecamatan di Kendal. Jadi jumlah kebutuhan akan tenaga tambahan petugas sensus ekonomi terebut tidak sama,” kata Kepala BPS Kendal , Sugita, kepada www.radarpekalongan.com, Jumat (8/1).
Dia mengungkapkan, ada 19 sektor yang akan didata oleh petugas tambahan nantinya dalam sensus ekonomi ini. Ke 19 sektor itu, meliputi, pertambangan dan penggalian, industri pengolahan, pengadaan listrik, gas, uap/air panas udara dingin, pengadaan air, pengelolaan sampah dan daur ulang, pembuangan dan pembersihan limbah dan sampah, kontruksi, perdagangan besar dan eceran, reparasi dan perawatanmobil motor dan sepeda motor, tranportasi dan pergudangan dan penyediaan akomodasi dan penyediaan makan minum.
“Kemudian, sektor informasi dan komunikasi, jasa keuangan dan ansuransi, real estat, jasa profesiinal, ilmiah dan teknis, jasa persewaan, ketenagakerjaan, agen perjalanan dan penuinjang usaha liannya, jasa pendidikan, jasa kesehatan dan kegiatan sosial, dan kebudayaan, hiburan dan rekreasi, kegiatan jasa lainya, serta jasa perorangan yang melayani rumah tangga hingga kegiatan badan dan organisasi internaional,” terang dia.
Dia menjeskan, petugas tambahan sensus ekonomi ini nantinya akan mensurvei responden dari kalangan pebisnis dan pengusaha. Berdasarkan data BPS tercatat di Kabupaten Kendal ada sebanyak kurang lebih 83 ribuan usaha. Untuk melakukan penyisiran data di sektor-sektor usaha tersebut tak hanya dilakukan oleh pegawai BPS. Akan tetapi kan dibantu oleh petugas mitra yang lolos seleksi dalam perekrutan sebagai tenaga tambahan petugas sensus ekonomi sebagai tenaga honorer.
“Kendal akan punya 983 petugas tambahan. Tetapi tidak semuanya turun ke lapangan. Karena, dari sebanyak itu selain menjadi petugas pencacah (PCL) juga ada yang jadi petugas pengawas/pemeriksa (PML). Setiap kecamatan jumalah kebutuhan PCL dan PML nya tidak sama. Sepeerti, misal, di Kecamatan Plantungan, kebutuhan PCL ada 16 dan PML 6, Kecamatan Sukorejo kebutuhan PCL ada 42 dan PML 14 dan Kecematan Kota Kendal, kebutuhan PCL ada 54 dan PML 22,” ungkap dia.
Dia, menambahkan, tenaga petugas honorer itu akan bekerja selama sebulan penuh untuk menyisir data di sektor-sektor usaha ? yang ada di Kendal dari tanggal 1-31 Mei 2016.
“Rekrutmen sebagai PCL dan PML akan dimulai tanggal 11-15 Januari 2016. Syarat pelamar bagi PCL dan PML berpendidikan SLTA dengan usia minimal 18 tahun dan maksimal 50 tahun. Bagi calon petugas bisa mendaftarkan diri melalui Kantor BPS Kendal atau Koordinator Statistik Kecamatan (KSK) di masing-masing kecamatan. Calon petugas sensus tidak dipungut biaya apapun. Namun, jika nantinya lolos dan kemuian mundur maka akan dikenai sanksi yakni mengembalikan segala biaya yang sudah terserap, seperti halnya biaya selama yang bersangkutan mengikuti traning yang dilakukan BPS,” pungkas dia.

Sumber :  RADAR PEKALONGAN

nberita.com

About nberita.com

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Previous
Next Post
Tidak ada komentar:
Write komentar

Get updates in your email box

Complete the form below, and we'll send you our recent update.

Deliver via FeedBurner
© 2014 NBerita.com. WP Theme-junkie. Designed by Bloggertheme9
Proudly Powered by Blogger.