29 September 2015

Singapura Menghormati Kedaulatan Ruang Udara Indonesia

    9/29/2015 07:49:00 PM   No comments

Jet tempur F16 Singapura
Jakarta – Singapura sangat menghormati kedaulatan Indonesia, dan tidak berniat sedikitpun untuk mengganggu kedaulatan Indonesia. Singapura mengakui Indonesia sebagai negara yang besar, dan mengakui kedaulatan dan perbatasan wilayah Indonesia serta kemampuan TNI. Angkatan Udara Singapura sangat menghormati kedaulatan Indonesia.

Hal ini diungkapkan Menteri Pertahanan Republik Singapura HE. Mr DR. Ng Eng Hen sebagai respon atas keberadaan Angkatan Udara Singapura di ruang udara Indonesia yang menjadi kesalahpahaman akhir-akhir ini, dalam kunjungan kehormatan kepada Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, Senin (28/9), di kantor Kemhan, Jakarta.


Menhan Singapura kemudian juga menjelaskan mengenai wilayah udara yang dipergunakan Angkatan Udara Singapura sejak tahun 1960 an yang juga tercatat dalam UNCLOS memang terletak di dalam wilayah udara Indonesia.

Selanjutnya, Menhan Singapura juga bersedia melakukan pertemuan tripartit untuk menyelesaikan masalah ruang udara ini jika dibutuhkan. Dirinya sangat berharap, permasalahan ini tidak mempengaruhi hubungan kerjasama pertahanan yang sudah terjalin sangat baik antara Indonesia dan Singapura.

Sementara itu, Menhan Ryamizard Ryacudu sangat mengerti bahwa kesalahpahaman ini harus dibahas dengan sangat hati-hati karena yang dipertaruhkan adalah hubungan baik antara kedua negara yang telah terjalin sangat lama. Dan Menhan RI menyadari situasi ini membutuhkan perhatian serius. Menhan RI tetap berharap kedua negara dapat menjaga hubungan baik ini, karena menurutnya yang diharapkan oleh seluruh rakyat adalah kedamaian dan kesejahteraan, pemimpin harus mampu menyediakan hal tersebut kepada rakyatnya.

Dalam pertemuan tersebut juga dibahas mengenai rencana latihan bersama antara kedua Angkatan Darat terutama dalam penggunaan Tank Leopard. Menteri Pertahanan kedua negara juga setuju untuk meningkatkan kerjasama berupa latihan bersama antar kedua Angkatan Udara.

Mengenai latihan bersama di perairan Natuna antara Angkatan Laut kedua negara yang juga diusulkan oleh Menhan Singapura, Menhan Ryamizard Ryacudu menyatakan akan membahasnya kembali sekembalinya kunjungan menhan ke Tiongkok pada pertengahan Oktober mendatang. Menhan Ryamizard berharap dapat mengajak Tiongkok dan seluruh negara di Kawasan Asia Tenggara untuk melakukan latihan bersama di perairan Natuna.

Menhan Singapura juga berharap dapat mengundang kembali Menhan Ryamizard Ryacudu untuk kembali menjadi pembicara di forum informal keamanan tahunan yang diselenggarakan Singapura, Shangri La Dialoguetahun depan. Karena seperti biasanya, negara-negara di kawasan Asia Pasifik sangat tertarik dengan pandangan Indonesia mengenai keamanan global.

Kemhan.go.id

Mas Yog

About Mas Yog

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Previous
Next Post
Tidak ada komentar:
Write komentar

Get updates in your email box

Complete the form below, and we'll send you our recent update.

Deliver via FeedBurner
© 2014 NBerita.com. WP Theme-junkie. Designed by Bloggertheme9
Proudly Powered by Blogger.