19 Agustus 2015

SMPN 1 Kendal Meraih Predikat Sekolah Sehat

    8/19/2015 01:45:00 PM   No comments

Peraih Sekolah Sehat
KENDAL – SMPN 1 Kendal ditetapkan sebagai sekolah yang memiliki kepedulian akan kebersihan dan kesehatan yang baik, sehingga meraih Juara I dalam Lomba Sekolah Sehat (LSS) 2014. Atas keberhasilannya tersebut, pada September nanti, SMPN 1 Kendal akan mewakili Kabupaten Kendal untuk maju di tingkat Karesidenan, sebelum maju ke tingkat Provinsi Jateng.
Kepala SMPN 1 Kendal, Rr Intan Noor Cahyanti SPd MPd, mengatakan, keberhasilan sekolahnya menjadi yang terbersih dan tersehat, setelah pihaknya menerapkan pola pembinaan dan pengelolaan sekolah agar sesuai dengan standar pendidikan yang ada.

Selain kegiatan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang diterapkan oleh sekolah tersebut, pihaknya juga menerapkan penanaman Pohon Kecik Manila, khususnya pada saat ada pejabat maupun Forkompinda yang berkunjung ke SMPN 1 Kendal. Hal ini juga telah sesuai dengan adanya pemberlakuan Perda Sak Wong Sak Uwit (SUSU).
“Setiap ada kegiatan di sekolah yang dihadiri oleh pejabat, kami minta untuk menanam satu buah pohon. Ini sekaligus dilakukan dalam rangka untuk memberikan penghijauan di sekolah agar lebih asri dan sejuk,” ujarnya.

Menurut, Intan, Kecik Manila sendiri dipilih karena memiliki filosofi tersendiri, misalnya buah yang banyak dan rimbunnya daun, melambangkan harapan agar mampu menelurkan siswa-siswi berprestasi dan sekaligus menjadi pelindung bagi mereka dari rintangannya yang ada. “Akar yang kuat melambangkan kekuatan hebat, yang mampu membuat para siswanya tahan terhadap berbagai goncangan,” ungkapnya.

Sementara itu, prestasi lain juga ternyata mampu diraih oleh SMPN 1 Kendal dengan menjadi perwakilan dari Kabupaten Kendal dalam Lomba PMR Teladan 2014, sehingga berhak mewakili ke tingkat Provinsi. “Jadi, akan ada dua lomba yang nantinya akan diikuti oleh SMPN 1 Kendal di September mendatang, yakni LSS untuk tingkat Karesidenan dan PMR Teladan untuk tingkat Provinsi,” ucapnya dengan bangga.

Pada kesempatan lain, Pembina PMR SMPN 1 Kendal, Sri Darwati SPd, mengungkapkan pihaknya mampu Juara I setelah mampu melewati berbagai penilaian kriteria lomba seperti Pertolongan Pertama Kecelakaan (PPK), pentas seni, pemberdayaan kesejahteraan keluarga, melukis, konseling diskusi remaja sebaya dan kepemimpinan.

“Atas keberhasilan tersebut, kami mendapatkan bantuan berupa lima bak untuk cuci tangan. Tiga bak terletak di dekat kantin sekolah, satu di ruang UKS, dan satu lagi di ruang guru. Kami berharap mudah-mudahan bisa bersaing dengan daerah lainnya dan menjadi juara di tingkat Provinsi,” ulasnya. (yog)

Sumber dan Penulis: Muhammad Arif Prayoga | Radar Pekalongan


nberita.com

About nberita.com

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Previous
Next Post
Tidak ada komentar:
Write komentar

Get updates in your email box

Complete the form below, and we'll send you our recent update.

Deliver via FeedBurner
© 2014 NBerita.com. WP Theme-junkie. Designed by Bloggertheme9
Proudly Powered by Blogger.