06 Juni 2015

Teori Lamark? Sebuah Teori Yang tidak terbuktikan

    6/06/2015 11:28:00 AM   No comments

Ilustrasi teori Lammark tentang evolusi
Teori Lammark tentang evolusi yang tak terbukti sampai sekarang

Evolusi merupakan proses perubahan secara berangsur-angsur (bertingkat) dimana sesuatu berubah menjadi bentuk lain (yang biasanya) menjadi lebih kompleks/ rumit ataupun berubah menjadi bentuk yang lebih baik, evolusi dikemukakan oleh Charles Darwin yang melakukan ekspedisi ke Kepulauan Galapagos, hasil observasi/pengamatan nya akhisrnya membuahkan hasil sebuah buku denga judul The Origine Of Speciess yang menerangkan bahwa makhluk hidup berasal dari satu nenek moyang yang sama, kemudian lama kelamaan dalam waktu yang lama berubah menjadi makhluk yang benar-benar berbeda satu sama lainnya.

Sebelum Carles Darwin, ada J.B. Lammark yang juga mengemukakan teori evolusi. Dalam teori evolusinya yang banyak terdapat di buku pelajaran biologi kelas XII IPA pada bab evlusi di jelaskan bahwa

“ Dahulu kala jerapah memiliki leher pendek, seiring semakin tumbuh tingginya tanaman yang di makan oleh jerapah, akhirnya jerapah beradaptasi dengan cara memanjangkan lehernya untuk bisa menggapai sumber makanannya yang semakin meninggi”

Teori Lamark ini seharusnya sudah tidak digunakan lagi di buku-buku pelajaran lagi dikarenakan sampai sekarang belum ada yang bisa membuktikan kebenarannya mengenai teori lammark ini, yang ada justru semakin banyak peserta didik yang bilang “ masak pak?, nggak percaya kalo jerapah itu bisa tambah panjang lehernya gara-gara makanannya semakin tinggo, (sambil tertawa kecil)” ada satu hal yang tidak dipikirkan oleh lammark disini dalam membuat sebuah teori seperti diatas yaitu lammark mengabaikan factor tumbuhan lain yang ada, apakah semua tumbuhan itu tidak berkembang dari kecil terlebih dahulu kemudian menjadi tinggi? Apakah semua tumbuhan itu memiliki tinggi batang di atas jerapah? Apakah tidak ada tumbuhan yang kerdil, seperti rumput dll yang mampu menyesuaikan kondisi lingkungan sekitarnya?

Maka dari itu teori lammark ini seharusnya sudah tidak di jadikan sebagai pegangan di buku-buku pelajaran lagi

Kun Fayakun ( Jadilah, maka jadilah) Setiap makhluk hidup sudah di ciptakan oleh Allah SWT dengan sempurna tanpa melalui tahap-tahap evolusi.

redaksi@nberita.com

Mas Yog

About Mas Yog

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Previous
Next Post
Tidak ada komentar:
Write komentar

Get updates in your email box

Complete the form below, and we'll send you our recent update.

Deliver via FeedBurner
© 2014 NBerita.com. WP Theme-junkie. Designed by Bloggertheme9
Proudly Powered by Blogger.