22 Juni 2015

Peningkatan dan Perbaikan Jalan di Kendal Jalan terus

    6/22/2015 12:58:00 PM   No comments

Perbaikan jalan di kendal
KENDAL - Peningkatan dan perbaikan jalan di Kabupaten Kendal jalan terus dikerjakan, ditandai dengan telah dimulainya pengurukan serta pelebaran jalan di sejumlah lokasi jalan. Bupati Kendal dr. Widya Kandi Susanti, MM didampingi kepala Dinas Bina Marga dan sejumlah pejabat terkait melakukan peninjauan di beberapa lokasi salah satunya di ruas jalan Dampal - Magangan, Kamis ( 18 / 6 ), yang selain akan dibetonisasi juga akan dilebarkan dari semula 5 meter menjadi 6 meter.
Hingga tanggal 15 Juni 2015, Pemkab Kendal sudah selesai melakukan 12 paket pekerjaan lelang melalui E- Procurement di Unit layanan Pengadaan ( ULP ) yakni
1. Peningkatan Jl. Sidorejo - Dampal
2. Peningkatan Jl. Selokaton - Tamanrejo
3. Peningkatan Jl. Ringinarum - Ngerjo
4. Peningkatan Jl. Pegandon - Magangan
5. Peningkatan Jl. Putat - Pegandon
6. Peningkatan Jl. Kebondalem - Dampal
7. Peningkatan Jl. Bringinsari - Purwosari
8. Peningkatan Jl. Habiproyo - Jl. Notomudigdo Kendal
9. Peningkatan Jl. Karangayu - Jl. Kalirejo
10. Peningkatan Jl. Dampal - Magangan
11. peningkatan Jl. Penaruban - Penyangkringan
12. pemeliharaan Jl. kaliwungu - Mororejo
Peningkatan jalan menurut, Kepala Dinas Bina Marga Ir. Agung Setiawan, MM diperkirakan satu minggu setelah pengurukan dan pelebaran jalan selesai dikerjakan.
Selain paket pengerjaan yang dilelang melalui e-procurement ( pagu anggaran di atas Rp. 200 juta ), perbaikan jalan dan peningkatan jalan dilakukan melalui pengadaan langsung ( PL ) oleh Dinas Bina Marga dengan pagu anggaran di bawah Rp. 200 juta baik melalui kegiatan pemeliharaan jalan dengan mobiling rate maupun dengan pengaspalan.

Meski Pemkab Kendal telah berupaya sekuat tenagauntukmempercepat proses lelang namun masih ada juga yang menilai terjadi keterlambatan proses lelang. Menurut Kabag Perekonomian Setda Kendal Hasyim Tri Joko, SE, M.Si, faktor utama terjadinya sedikit keterlambatan proses lelang karena beberapa hal. Pertama, sekarang ini masih dalam proses transisi dan adaptasi dari lelang manual menuju elektronik lelang (e-procurenment atau disingkat dengan e-proc) dimana kesiapan rekanan lelang terhadap persyaratan lelang maupun pelaksanaan e-procmasih perlu diperbaiki lagi untuk menghindari terjadinya gagal lelang yang berakibat pengulangan lelang sehingga membutuhkanwaktu yang lebih lama.

Adanya kenaikan / penurunanharga BBM berdampak pada fluktuasi harga semen maupun aspal yang menyebabkan direvisinya beberapa kali index harga karena berdasarkan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 11 Tahun 2013 tentang Pedoman Analisa Harga Satuan Pekerjaan (AHSP) Bidang Pekerjaan Umum, penentuan harga harus mengacu pada harga riil di lapangan.
Sedangkan Khoiruridlo, ST Kasi Peningkatan Jalan pada Dinas Bina Marga, Sumber Daya Air dan Sumber Daya Mineral Kabupaten Kendal, menilai bahwa kondisi seperti itu terjadi karena aparat yang terlibat dalam proses lelang kini lebih berhati – hati dalam melakukan perencanaan dan pelaksanaan lelang disesuaikan dengan peraturan perundangan yang berlaku agar tidak terjerat kasus hukum.
UpayaPercepatanPembangunan Jalan
Sebagai bentuk pengawasan Pemkab agar disiplin waktu dalam upaya penuntasan perbaikan jalan di Kabupaten Kendal, menurut Hasyim telah dilakukan beberapa langkah percepatan.
Pertama, ULP membuat time schedule yang ketat dan terus dikawal.Begitu berkas permohonan pengadaan barang/jasa sampai ke ULP maka paling lambat dalam waktu 3 hari sudah dilakukan pengkajian ulang terhadap RencanaUmumPengadaan(RUP) dan Rencana Pelaksananaan Lelang (RPP). Setelah dipastikan lengkap maka baru ditayangkan di website resmiP emkab Kendal agar proses lelang dapat diikuti oleh siapapun yang memenuhi persyaratan secara transparan dan akuntabel.
Kedua, setiap minggu selalu dilaksanakan Rapat Tim Evaluasi Pengawasan dan Penyerapan Anggaran (TEPA) yang dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kendal, Ir Bambang Dwiyono, MT.

Ketiga, setiap triwulan secara rutin diselenggarakan Rapat POK yang bertujuan melakukan evaluasi percepatan pembangunan dan penyerapan anggaran.Dengan demikian dapat segera diambil langkah – langkah antisipasi jika terjadi hambatan dalam penyerapan anggaran. ( 03 / hedJ )

nberita.com

About nberita.com

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Previous
Next Post
Tidak ada komentar:
Write komentar

Get updates in your email box

Complete the form below, and we'll send you our recent update.

Deliver via FeedBurner
© 2014 NBerita.com. WP Theme-junkie. Designed by Bloggertheme9
Proudly Powered by Blogger.