20 Juni 2015

Masih Berani Merokok? Ini Dia Akibatnya

    6/20/2015 01:34:00 PM   No comments

jantung
Hampir 80 % lebih penduduk Indonesia yang berusia di atas 20 tahun memiliki kebiasaan merokok. Berbagai alasan kuat selalu mengiringinya seperti biar lebih gagah, kuat dan berjiwa laki-laki atau hanya sekadar ingin menghilangkan semua beban hidup serta stres yang selalu dialami.

Padahal kita tahu bahwa di dalam rokok mengandung berbagai macam zat yang membahayakan bagi kesehatan tubuh diantaranya zat yang sangat berbahaya adalah nikotin dan tar, kedua zat ini lama kelamaan bisa menngendap dan mengerak di saluran pembuluh darah yang bisa mengakibatkan penyumbatan pembuluh darah yang akhirnya bisa berujung kematian.

Semua produk rokok pun sudah tertempel jelas tulisan peringatan merokok dapat menyebabkan kanker, impotensi dan gangguan kehamilan dan janin, namun ini hanyalah sebuah tulisan yang dianggap angin lalu bagi para penikmat rokok dan banyak yang mengabaikannya

Baru-baru ini pun sudah beredar bungkus rokok yang terdapat gambar paru-paru yang rusak akibat rokok, ini bertujuan tentunya untuk memperingatkan para perokok agar mengurangi menghisap rokok. Namun peringatan hanyalah sebuah peringatan yang tidak di indahkan oleh para perokok.
Berikut nberita.com menyajikan beberapa organ yang akan mengalami dampak langsung dari rokok yang dihisap secara terus menerus yang tentunya dapat menimbulkan dampak akumulatif bagi para penikmat rokok.
Organ Paru-Paru
Paru-paru merupakan organ vital yang digunakan untuk bernafas sebagai tempat pertukaran oksigen dan karbon dioksida. Paru-paru perlu kita jaga agar kita dapat bernafas dengan lancar juga untuk mengurangi penyakit yang timbul. Sejatinya paru-paru tidak boleh kemasukan zat selain udara bersih. Namun dengan anda merokok berarti paru-paru akan kemasukan asap rokok yang mengandung berbagai macam zat berbahaya yang mampu mengendap dan sedikit demi sedikit meusak paru-paru anda. Apabila anda memiliki penyakit-penyakit yang menimpa organ paru-paru seperti pneumonia serta bronchitis maka anda harus berhenti merokok sekarang juga. Jika anda tidak berhenti merokok dari sekarang, maka kedua penyakit tersebut akan semakin parah dari hari ke hari.
Organ Jantung
Jantung merupakan organ kedua yang akan terkena dampak dari merokok. Pada saat anda merokok maka kandungan zat yang di hisap dan masuk ke paru paru akan diikat oleh hemoglobin bersama-sama dengan oksigen di sel darah merah, akibatnya zat-zat ini akan beredar keseluruh tubuh terutama akan masuk ke dalam jantung. Kita tahu jantung merupakan satu-satunya organ yang digunakan untuk memompa darah. Jika ada pengendapan zat berbahaya dari asap rokok di jantung maka anda bisa membayangkan sendiri akan terjadi pelambatan ataupun bisa mempercepat kerja pemompaan darah oleh jantung dari keadaan normal yang bisa menyebabkan banyak efek.
Selain itu pengendapan yang terjadi di pembuluh darah aorta dan arteri akan menyumbat aliran darah keseluruh tubuh akibatnya jantung harus bekerja ekstra agar pasokan darah ke sulurh tubuh dapat terpenuhi dengan normal. pengendapan yang semakin banyak yang mampu menyumbat pembuluh arteri dan oarta jantung juga bisa mengakibatkan anda terkena serangan jantunng mendadak. Maka dari itu segera matikan rokok anda dari sekarang
Organ Mata
Ini merupakan organ yang juga terkena dampak buruk bagi mereka yang tergolong perokok. Degenerasi makula atau kebutaan secara permanen merupakan salah satu dampak terburuk yang akan menganggu penglihatan seseorang yang hobinya merokok dalam segala aktivitasnya.
Organ Ginjal
Ini merupakan salah satu organ yang juga mengalami masalah, jika kita menghisap rokok secara terus menerus. Kanker ginjal merupakan dampak paling buruk yang dapat menyerang organ ginjal pada perokok tersebut.
Selain organ-organ yang tersebut diatas, merokok ternyata juga memiliki dampak buruk bagi kesehatan tubuh seseorang :
Penyakit diabetes, disfungsi ereksi atau impotensi, kanker mulut, gangguan kesehatan pada gigi, kemandulan, gangguan pada pernafasan, kanker pankreas serta kanker darah merupakan berbagai penyakit yang bisa menyerang seseorang yang tidak mampu menghentikan kebiasaan buruknya menghisap rokok secara terus menerus sepanjang hidupnya.

Mas Yog

About Mas Yog

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Previous
Next Post
Tidak ada komentar:
Write komentar

Get updates in your email box

Complete the form below, and we'll send you our recent update.

Deliver via FeedBurner
© 2014 NBerita.com. WP Theme-junkie. Designed by Bloggertheme9
Proudly Powered by Blogger.