23 Juni 2015

Bupati Kendal Blusukan Tinjau Perbaikan Jalan

    6/23/2015 09:34:00 AM   2 comments


BLUSUKAN: Bupati Kendal Widya Kandi Susanti mengecek langsung
proyek pekerjaan jalan ruas Dampal-Magangan
,
(HUMAS PEMKAB KENDAL FOR JAWA POS RADAR SEMARANG)
KENDAL – Bupati Kendal Widya Kandi Susanti, memastikan pekerjaan peningkatan dan perbaikan jalan di Kabupaten Kendal mulai dikerjakan. Bahkan orang nomor satu di Kendal ini blusukan dengan turun ke jalan untuk memastikan pekerjaan telah mulai digarap.
Pekerjaan peningkatan dan perbaikan jalan diakuinya sebagian besar telah dimulai. Hal itu ditandai dengan pengurukan serta pelebaran jalan di sejumlah lokasi jalan. Didampingi pegawai Dinas Bina Marga, Widya melakukan cek lokasi peninjauan di beberapa lokasi. Salah satunya di ruas jalan Dampal-Magangan.

”Jalan Dampal hingga Magangan ini selain akan dibetonisasi juga akan dilebarkan dari semula 5 meter menjadi 6 meter. Jadi, ada pelebaran seluas satu meter. Jadi mohon kepada masyarakat untuk bisa melakukan pengawasan bersama. Jika pekerjaan tidak sesuai spesifikasi pekerjaan, segera laporkan agar bisa segera ditangani,” katanya, kemarin.

Diakuinya, hingga 15 Juni, Pemkab Kendal sudah selesai melakukan 12 paket pekerjaan lelang melalui E-Procurement di Unit Layanan Pengadaan (ULP). Yakni, peningkatan jalan Sidorejo-Dampal, Jalan Selokaton-Tamanrejo, Jalan Ringinarum-Ngerjo dan Jalan Pegandon-Magangan.
Selain itu, proyek peningkatan Jalan Putat – Pegandon, Jalan Kebondalem – Dampal, Jalan Bringinsari – Purwosari dan Jalan Notomudigdo Kendal serta Jalan Karangayu-Kalirejo. Tiga lainnya, proyek peningkatan Jalan Dampal – Magangan, Penaruban – Penyangkringan, dan Pemeliharaan Jalan Kaliwungu – Mororejo.

Widya berharap, pekerjaan jalan tersebut segera selesai tepat waktu. Akhir tahun ini, kata dia, seluruh jalan yang sudah dianggarkan melalui APBD selesai dikerjakan. Sehingga tidak ada lagi proyek yang gagal lelang. ”Pekerjaan jalan ini masih akan dilanjutkan pada APBD berikutnya,” akunya.
Peningkatan jalan diperkirakan satu minggu setelah pengurukan dan pelebaran jalan selesai dikerjakan. Selain paket pekerjaan perbaikan dan peningkatan jalan yang dilelang, juga sudah dilakukan melalui pengadaan langsung (PL). Yakni, proyek perawatan jalan yang nilainya di bawah Rp 200 juta.

Diakuinya, meski telah berupaya sekuat tenaga untuk mempercepat proses lelang, namun masih ada keterlambatan proses lelang.

Kabag Perekonomian Setda Kendal Hasyim Tri Joko membeber, faktor utama terjadinya sedikit keterlambatan proses lelang karena beberapa hal. Pertama, sekarang ini masih dalam proses transisi dan adaptasi dari lelang manual menuju elektronik lelang (e-procurenment atau disingkat dengan e-proc). Di mana kesiapan rekanan lelang terhadap persyaratan lelang maupun pelaksanaan e-proc masih perlu diperbaiki lagi untuk menghindari terjadinya gagal lelang yang berakibat lelang ulang.

Kedua, kata dia, adanya kenaikan harga BBM berdampak pada fluktuasi harga bahan baku baik semen maupun aspal. Hal itu menyebabkan direvisinya beberapa kali Harga Perkiraan Sendiri (HPS) yang telah direncanakan. ”Sebab, berdasarkan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 11 Tahun 2013 tentang Pedoman Analisa Harga Satuan Pekerjaan (AHSP) Bidang Pekerjaan Umum, penentuan harga harus mengacu pada harga di lapangan,” jelasnya.

Kasi Peningkatan Jalan pada Dinas Bina Marga, Sumber Daya Air dan Sumber Daya Mineral Kendal, Khoiruridlo, ST, menilai, kondisi seperti itu terjadi karena aparat yang terlibat dalam proses lelang kini lebih berhati-hati. Tujuannya, agar perencanaan dan pelaksanaan lelang sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku. ”Sehingga semua sesuai dengan prosedur dan tidak ada pejabat yang terjerat kasus hukum,” katanya. (bud/aro/ce1)

nberita.com

About nberita.com

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Previous
Next Post
2 komentar:
Write komentar

Get updates in your email box

Complete the form below, and we'll send you our recent update.

Deliver via FeedBurner
© 2014 NBerita.com. WP Theme-junkie. Designed by Bloggertheme9
Proudly Powered by Blogger.